Proposal Kewirausahaan Kelompok (Cafe C O C O L BANATOP)
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua umumnya dan pada
kami khususnya sehingga dapat menyelesaikan tugas proposal ini. Oleh karena itu
kami mengucapkan terima kasih kepada Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan, di
jurusan Manajemen STIE PGRI Sukabumi tak lupa kami berterima kasih.
Besar harapan agar proposal ini
dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk dijadikan pertimbangan dan koreksi
selanjutnya. Kami mohon maaf apabila dalam penyusunan proposal ini terdapat
kesalahan ataupun kerancuan baik dalam bahasa ataupun tulisan. Kami juga
menerima kritik dan saran dari pembaca yang nantinya akan berguna bagi kami.
Terima kasih.
Sukabumi, Agustus 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
Cover
Kata
Pengantar ................................................................................................
Daftar
Isi ...........................................................................................................
Bab
I Pendahuluan
1. Latar Belakang .........................................................................................
2. Visi dan Misi .............................................................................................
3. Manfaat dan Tujuan ..................................................................................
Bab II Pembahasan
1. Target Pemasaran ......................................................................................
2. Nama dan Lokasi ......................................................................................
3. Analisis SWOT Sebagai Kelayakan
Usaha .................................................
4. Aspek Produk ...........................................................................................
5. Aspek Permodalan ....................................................................................
6. Harga jual .................................................................................................
7. Promosi ....................................................................................................
8. Place (Tempat) ..........................................................................................
Bab
III Penutup
1. Kesimpulan ................................................................................................
2. Saran .........................................................................................................
Lampiran
- Lampiran
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Dengan melihat dari perkembangan
zaman yang semakin maju dan berkembang, kubutuhan manusia akan makanan juga
semakin meningkat. Saat ini kebanyakan tempat makan di kota sukabumi identik dengan
menu makanan yang sama. Sehingga ada suatu rasa kebosanan dan keinginan
menikmati menu makanan yang lain. Jarang sekali pada satu tempat makan
menyediakan banyak jenis makanan. Oleh sebab itu, kami akan membuka suatu
usaha makanan yang bisa memenuhi
konsumen dan mengobati rasa bosan dan keinginan konsumen menikmati menu makanan
yang berbeda.
Terkadang minat konsumen akan
makanan yang kekinian, berbeda dari biasanya juga menjadi daya tarik tersendiri
bagi mereka. penulis juga menciptakan suatu hasil atau produk ciri khas dari cafe
kami yang memiliki nilai jual, penulis membuat Pisang goreng “COCOL BANATOP” pisang
goreng ini berbahan dasar pisang yang sangat mudah di dapatkan, akan tetapi
masyarakat kurang akan pengolahannya, sehingga tidak menyadari bahwa pisang ini
jika di olah menjadi cemilan yang menarik dapat memiliki harga jual yang cukup
tinggi.
2. Visi dan Misi
Visi
Menjadikan
bahan dasar pisang yang utama, selain itu memperkenalkan beberapa varian
makanan khas daerah.
Misi
1.
Selalu berinovasi dengan produk tradisional
2.
Meningkatkan kualitas makanan khas daerah
3. Meningkatkan kualitas pelayanan
sehingga konsumen merasa puas.
3.
Tujuan dan Manfaat
·
Tujuan
Tujuan
penulis memilih jenis usaha ini yaitu :
1.
Mendapatkan keuntungan.
2.
Menarik minat konsumen untuk merasakan produk yang penulis buat,
agar mencapai target penjualan.
3.
Dapat membuka lapangan pekerjaan baru.
4.
Membantu mempertahankan makanan tradisional agar tidak hilang.
5.
Memperkenalkan salah satu makanan khas daerah.
·
Manfaat
Dari hal membuka usaha ini penulis bermaksud
ingin menyalurkan ilmu yang penulis miliki yaitu Kemampuan di bidang
kuliner, di dunia usaha bentuk dari pengalaman dan menambah wawasan atas ilmu
yang telah penulis ketahui dan ingin berinovasi dengan mengembangkan pisang yaitu
pisang menjadi lebih menarik dan lebih berkualitas. Penulis akan membuat “COCOL
BANATOP” .
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Target
Pemasaran
Target pemasaran kami yaitu bagi
semua kalangan dari anak-anak sampai yang sudah tua, dengan tujuan memperkenalkan
khas daerah. bagi mereka yang biasanya penggemar makanan kekinian dan ngehits
kami menyediakan menu ciri khas cafe kami yaitu COCOL BANATOP. Sebab
jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat
sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan
pekerjaan bagi pengangguran.
2.
Nama
dan Lokasi
Nama usaha cafe kami adalah “CAFÉ
COCOL” dengan ciri khas cocol banatop yang kekinian dan rasa yang berkualitas di
tambah dengan beberapa makanan khas daerah yang berlokasi di Jl. RE.
Martadinata kota Sukabumi Jawa barat.
3.
Analisis
SWOT Sebagai kelayakan Usaha
Yaitu sebagai acuan untuk menghadapi
persaingan dalam bidang usaha setiap kegiatan untuk memulai usaha penulis harus
mengukur kemampuan penulis terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.
a.
Kekuatan
( Strength )
Rasa percaya bahwa produk ini akan
diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena produk yang penulis buat ini
mempunyai kualitas yang cukup tinggi karena bahan dasarnyaa menggunakan pisang
dengan pembuatan yang higienis.
b.
Kelemahan
( Weakness )
- Produk tidak tahan lama.
- Produk mudah di tiru.
- Harga bahan baku tidak stabil
c.
Peluang
( Oportunity )
Produk ini memang sudah ada di
kalangan masyarakat akan tetapi usaha banatop ini berbeda dengan pisang yang
biasa, banatop ini produk hasil modivikasi yang sedemikian sehingga menjadi
produk baru serta menarik yang dapat bersaing dengan makanan-makanan modern, pisang
di jaman sekarang sudah jarang sekali
yang memproduksi, sehingga penulis mempunyai peluang yang cukup baik, dalam
pemasaran, apalagi pisang ini merupakan
varian baru yang dapat menarik minat konsumen untuk merasakan sensasi baru dari
pisang ini.
d.
Ancaman
( Treath )
Ancaman yang dapat timbul dari usaha
BANATOP ini antara lain :
- Pesaing tidak sehat.
- Bahan baku yang tidak stabil.
- Adanya produk serupa dengan
kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk penulis.
4.
Aspek
Produk
a. Rencana Produk
Produk yang akan dijual dalam usaha
kami adalah “Banatop”. Banatop itu alias Banana Topping yaitu olahan pisang goreng
krispi dengan sensasi saus topping. Disini kami membuat pisang goreng yang
berbeda dari biasanya yaitu kami memberikan varian dari toping rasa. Rasanya
bervarian ada Chocolate, Cheese, Green Tea, Tiramisu, Strawberry Almond, Peanut
and mix. Selain itu di cafe kami juga menyediakan makanan khas daerah dengan
topping berbagai varian seperti, Surabi (Jawa Barat), Bika Ambon (Sumatera
Utara), Mie Aceh (Aceh), & Kerak Telor (Jakarta).
b. Waktu Pelaksanaan
·
Hari :
Senin – Minggu
Kegiatan : Memproduksi dan menjual
Penanggung
jawab : Semua anggota
c. Bahan
baku produksi
·
Pisang
kepok
·
Tepung
terigu
·
Gula
Pasir
·
Telor
·
Garam
·
Tepung
roti
·
Air
matang
·
Minyak
·
Keju
dan susu kental manis (untuk topping disesuaikan)
·
Selai
coklat (untuk topping disesuaikan)
d. Peralatan
·
Kompor Gas
·
Wajan
dan Spatula
·
Baskom
·
Kardus
dan label
·
Saringan
Penggorengan
·
Nampan
e. Proses produksi untuk menu utama
(COCOL BANATOP)
·
Kupas dan potong pisang
·
Tambahkan air pada tepung terigu sedikit
demi sedikit hingga adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
Masukkan garam, aduk rata
·
Masukkan pisang ke adonan tepung. Baluri
dengan tepung roti
·
Goreng dan tambahkan topping
5.
Aspek Permodalan
Untuk
usaha ini kami memakai modal sendiri. Kami mempunyai modal sendiri sebesar Rp. 5.000.000,-
Uraian:
-
Modal sendiri Rp. 5.000.000,-
-
Kemasan Rp.
100.000,-
-
Tepung Terigu Rp. 50.000,-
-
Garam Rp.
10.000,-
-
Gas Rp.
110.000,-
-
Pisang Kepok Rp. 100.000,-
-
Minyak goreng Rp. 50.000,-
-
Tepung Roti Rp. 30.000,-
-
Untuk Topping Rp. 150.000
6.
Harga jual
No.
|
Nama Makanan
|
Harga/Porsi
|
Harga per box
|
1.
|
Cocol Banatop (Berbagai Topping)
|
Rp.20.000
|
Rp.40.000
|
2.
|
Bika Ambon
|
Rp.15.000
|
Rp.80.000
|
3.
|
Surabi
|
Rp.12.000
|
Rp.30.000
|
4.
|
Kerak Telor
|
Rp.15.000
|
Rp.30.000
|
5.
|
Mie Aceh
|
Rp.15.000
|
Rp.15.000
|
Catatan:
-
1 Box isi 4 Varian Banatop
7.
Promosi
Pada tahap awal promosi
yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan
ini bukan produk baru, disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan iklan
melalui media sosial, kami menggunakan beberapa cara promosi yaitu:
-
Face to face
-
Melalui media sosial seperti Instagram,
Facebook & Twitter
-
Mouth to mouth atau dari mulut kemulut
-
Menggunakan situs jual beli online
-
Untuk pembelian lebih dari 2 box gratis
ongkir
8.
Place (Tempat)
Usaha kami mendistribusikan barang
secara langsung melalui letak toko kami yang strategis yaitu di pusat kota tepatnya
di Jl.RE.Martadinata Kota Sukabumi dimana tempat banyak orang lewat lingkungan
sekolah dan universitas bahkan mengadakan acara atau event besar seperti
kampanye, jalan sehat, musik band,dll. Sehingga sangat baik untuk bisnis kami,
karena kuliner nusantara dan banatop ini
akan banyak di minati dan di beli. kepada konsumen/masyarakat dengan cara ini
diharapkan produk ini dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dan juga memasarkan
produk kami secara online agar tidak hanya di daerah store kami saja, pembeli
dari luar kota juga bisa membelinya.
BAB
III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Yang
terpenting dalam menjalankan suatu usaha adalah kerja keras, keinginan untuk
maju, dan kedisiplinan dalam menjalankan suatu usaha.Untuk makanan ini selain
bermanfa’at banyak misalnya selain rasanya enak juga cocok untuk konsumen yang
ingin makan tidak terlalu berat tapi mengenyangkan, juga bisa untuk sarapan,
makan siang, makan malampun bisa. Usaha ini menguntungkan serta menjanjikan dan
fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang kami buat ini, kami
menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang banyak kita manfaatkan.
Usaha
kami bergerak dalam bidang produksi olahan makanan berbahan dasar Pisang yang
kami beri nama “C O C O L Banatop” tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan
yang terbaik kepada pelanggan.
Dengan
semua perencanaan dan usaha tersebut, kami memperkirakan akan memperoleh
keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan
dalam pembuatan proposal ini.
2.
Saran
Penyusunan
proposal ini memerlukan perbaikan dan kritik serta saran yang sifatnya
membangun. Sehingga penyusunan proposal di masa yang akan datang lebih baik
lagi. Dan diharapkan dengan disusunnya proposal ini dapat menjadi panduan untuk
membuat proposal usaha serta dapat menambah lapangan pekerjaan baru yang bisa
mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar