Proposal Kewirausahaan Kelompok (Cafe C O C O L BANATOP)




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua umumnya dan pada kami khususnya sehingga dapat menyelesaikan tugas proposal ini. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan, di jurusan Manajemen STIE PGRI Sukabumi tak lupa kami berterima kasih.

Besar harapan agar proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk dijadikan pertimbangan dan koreksi selanjutnya. Kami mohon maaf apabila dalam penyusunan proposal ini terdapat kesalahan ataupun kerancuan baik dalam bahasa ataupun tulisan. Kami juga menerima kritik dan saran dari pembaca yang nantinya akan berguna bagi kami. Terima kasih.

Sukabumi,  Agustus 2017

Penyusun





DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar  ................................................................................................
Daftar Isi ...........................................................................................................
Bab I Pendahuluan
1.      Latar Belakang .........................................................................................
           2.      Visi dan Misi .............................................................................................
           3.      Manfaat dan Tujuan ..................................................................................
Bab II Pembahasan
          1.      Target Pemasaran ......................................................................................
          2.      Nama dan Lokasi ......................................................................................
          3.      Analisis SWOT Sebagai Kelayakan Usaha ................................................. 
          4.      Aspek Produk ...........................................................................................
          5.      Aspek Permodalan ....................................................................................
          6.      Harga jual .................................................................................................
          7.      Promosi ....................................................................................................
          8.      Place (Tempat) ..........................................................................................
Bab III Penutup
         1.      Kesimpulan ................................................................................................
         2.      Saran .........................................................................................................
Lampiran - Lampiran





BAB I
PENDAHULUAN

1.        Latar Belakang

Dengan melihat dari perkembangan zaman yang semakin maju dan berkembang, kubutuhan manusia akan makanan juga semakin meningkat. Saat ini kebanyakan tempat makan di kota sukabumi identik dengan menu makanan yang sama. Sehingga ada suatu rasa kebosanan dan keinginan menikmati menu makanan yang lain. Jarang sekali pada satu tempat makan menyediakan banyak jenis makanan. Oleh sebab itu, kami akan membuka suatu usaha  makanan yang bisa memenuhi konsumen dan mengobati rasa bosan dan keinginan konsumen menikmati menu makanan yang berbeda.

Terkadang minat konsumen akan makanan yang kekinian, berbeda dari biasanya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. penulis juga menciptakan suatu hasil atau produk ciri khas dari cafe kami yang memiliki nilai jual, penulis membuat Pisang goreng “COCOL BANATOP” pisang goreng ini berbahan dasar pisang yang sangat mudah di dapatkan, akan tetapi masyarakat kurang akan pengolahannya, sehingga tidak menyadari bahwa pisang ini jika di olah menjadi cemilan yang menarik dapat memiliki harga jual yang cukup tinggi.


2.    Visi dan Misi

Visi
Menjadikan bahan dasar pisang yang utama, selain itu memperkenalkan beberapa varian makanan khas daerah.

Misi
1.         Selalu berinovasi dengan produk tradisional
2.         Meningkatkan kualitas makanan khas daerah
3.     Meningkatkan kualitas pelayanan sehingga konsumen merasa puas.
      

3.         Tujuan dan Manfaat

·            Tujuan

Tujuan penulis memilih jenis usaha ini yaitu :
1.         Mendapatkan keuntungan.
2.         Menarik minat konsumen untuk merasakan produk yang penulis buat, agar mencapai target penjualan.
3.         Dapat membuka lapangan pekerjaan baru.
4.         Membantu mempertahankan makanan tradisional agar tidak hilang.
5.         Memperkenalkan salah satu makanan khas daerah.

·               Manfaat

Dari hal membuka usaha ini penulis bermaksud ingin menyalurkan ilmu yang penulis miliki yaitu Kemampuan di bidang kuliner,  di dunia usaha bentuk dari pengalaman dan menambah wawasan atas ilmu yang telah penulis ketahui dan ingin berinovasi dengan mengembangkan pisang yaitu pisang menjadi lebih menarik dan lebih berkualitas. Penulis akan membuat “COCOL BANATOP” .




BAB II
PEMBAHASAN

1.        Target Pemasaran
Target pemasaran kami yaitu bagi semua kalangan dari anak-anak sampai yang sudah tua, dengan tujuan memperkenalkan khas daerah. bagi mereka yang biasanya penggemar makanan kekinian dan ngehits kami menyediakan menu ciri khas cafe kami yaitu COCOL BANATOP. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.


2.        Nama dan Lokasi
Nama usaha cafe kami adalah “CAFÉ COCOL” dengan ciri khas cocol banatop yang kekinian dan rasa yang berkualitas di tambah dengan beberapa makanan khas daerah yang berlokasi di Jl. RE. Martadinata kota Sukabumi Jawa barat.


3.         Analisis SWOT Sebagai kelayakan Usaha
Yaitu sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dalam bidang usaha setiap kegiatan untuk memulai usaha penulis harus mengukur kemampuan penulis terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.
             
               a.       Kekuatan ( Strength )
Rasa percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena produk yang penulis buat ini mempunyai kualitas yang cukup tinggi karena bahan dasarnyaa menggunakan pisang dengan pembuatan yang higienis.

              b.      Kelemahan ( Weakness )
        - Produk tidak tahan lama.
        - Produk mudah di tiru.
        - Harga bahan baku tidak stabil

             c.       Peluang ( Oportunity )
      Produk ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usaha banatop ini berbeda dengan pisang yang biasa, banatop ini produk hasil modivikasi yang sedemikian sehingga menjadi produk baru serta menarik yang dapat bersaing dengan makanan-makanan modern, pisang di jaman sekarang sudah  jarang sekali yang memproduksi, sehingga penulis mempunyai peluang yang cukup baik, dalam pemasaran, apalagi pisang  ini merupakan varian baru yang dapat menarik minat konsumen untuk merasakan sensasi baru dari pisang ini.

             d.      Ancaman ( Treath )
       Ancaman yang dapat timbul dari usaha BANATOP  ini antara lain :
       - Pesaing tidak sehat.
       - Bahan baku yang tidak stabil.
       - Adanya produk serupa dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk penulis.


4.        Aspek Produk
            a.       Rencana Produk
Produk yang akan dijual dalam usaha kami adalah “Banatop”. Banatop itu alias Banana Topping yaitu olahan pisang goreng krispi dengan sensasi saus topping. Disini kami membuat pisang goreng yang berbeda dari biasanya yaitu kami memberikan varian dari toping rasa. Rasanya bervarian ada Chocolate, Cheese, Green Tea, Tiramisu, Strawberry Almond, Peanut and mix. Selain itu di cafe kami juga menyediakan makanan khas daerah dengan topping berbagai varian seperti, Surabi (Jawa Barat), Bika Ambon (Sumatera Utara), Mie Aceh (Aceh), & Kerak Telor (Jakarta).

            b.      Waktu Pelaksanaan
·           Hari                                : Senin – Minggu
      Kegiatan                          : Memproduksi dan menjual
      Penanggung jawab           : Semua anggota

            c.       Bahan baku produksi
·           Pisang kepok
·           Tepung terigu
·           Gula Pasir
·           Telor
·           Garam
·           Tepung roti
·           Air matang
·           Minyak
·           Keju dan susu kental manis (untuk topping disesuaikan)
·           Selai coklat (untuk topping disesuaikan)
     
            d.      Peralatan
·           Kompor Gas
·           Wajan dan Spatula
·           Baskom
·           Kardus dan label
·           Saringan Penggorengan
·           Nampan

            e.       Proses produksi untuk menu utama (COCOL BANATOP)
·           Kupas dan potong pisang
·           Tambahkan air pada tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Masukkan garam, aduk rata
·           Masukkan pisang ke adonan tepung. Baluri dengan tepung roti
·           Goreng dan tambahkan topping


5.        Aspek Permodalan
Untuk usaha ini kami memakai modal sendiri. Kami mempunyai modal sendiri sebesar Rp. 5.000.000,-
Uraian:
-          Modal sendiri                         Rp. 5.000.000,-
-          Kemasan                                Rp. 100.000,-
-          Tepung Terigu                         Rp. 50.000,-
-          Garam                                    Rp. 10.000,-
-          Gas                                        Rp. 110.000,-
-          Pisang Kepok                        Rp. 100.000,-
-          Minyak goreng                       Rp. 50.000,-
-          Tepung Roti                           Rp. 30.000,-
-          Untuk Topping                       Rp. 150.000


6.        Harga jual
No.
Nama Makanan
Harga/Porsi
Harga per box
1.
Cocol Banatop (Berbagai Topping)
Rp.20.000
Rp.40.000 
2.
Bika Ambon
Rp.15.000
Rp.80.000
3.
Surabi
Rp.12.000
Rp.30.000
4.
Kerak Telor
Rp.15.000
Rp.30.000
5.
Mie Aceh
Rp.15.000
Rp.15.000
Catatan:
- 1 Box isi 4 Varian Banatop

7.        Promosi
Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru, disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan iklan melalui media sosial, kami menggunakan beberapa cara promosi yaitu:
-          Face to face
-          Melalui media sosial seperti Instagram, Facebook & Twitter
-          Mouth to mouth atau dari mulut kemulut
-          Menggunakan situs jual beli online
-          Untuk pembelian lebih dari 2 box gratis ongkir


8.        Place (Tempat)
Usaha kami mendistribusikan barang secara langsung melalui letak toko kami yang strategis yaitu di pusat kota tepatnya di Jl.RE.Martadinata Kota Sukabumi dimana tempat banyak orang lewat lingkungan sekolah dan universitas bahkan mengadakan acara atau event besar seperti kampanye, jalan sehat, musik band,dll. Sehingga sangat baik untuk bisnis kami, karena kuliner nusantara dan  banatop ini akan banyak di minati dan di beli. kepada konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dan juga memasarkan produk kami secara online agar tidak hanya di daerah store kami saja, pembeli dari luar kota juga bisa membelinya.



BAB III
PENUTUP

1.        Kesimpulan
Yang terpenting dalam menjalankan suatu usaha adalah kerja keras, keinginan untuk maju, dan kedisiplinan dalam menjalankan suatu usaha.Untuk makanan ini selain bermanfa’at banyak misalnya selain rasanya enak juga cocok untuk konsumen yang ingin makan tidak terlalu berat tapi mengenyangkan, juga bisa untuk sarapan, makan siang, makan malampun bisa. Usaha ini menguntungkan serta menjanjikan dan fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang kami buat ini, kami menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang banyak kita manfaatkan.

Usaha kami bergerak dalam bidang produksi olahan makanan berbahan dasar Pisang yang kami beri nama “C O C O L Banatop” tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, kami memperkirakan akan memperoleh keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal ini.

2.        Saran
Penyusunan proposal ini memerlukan perbaikan dan kritik serta saran yang sifatnya membangun. Sehingga penyusunan proposal di masa yang akan datang lebih baik lagi. Dan diharapkan dengan disusunnya proposal ini dapat menjadi panduan untuk membuat proposal usaha serta dapat menambah lapangan pekerjaan baru yang bisa mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Komunikasi Bisnis (Pesan-pesan Bisnis)

Makalah Asuransi (Bank dan Lembaga Keuangan)

Pengertian Merkantilisme, Kapitalisme, Komunisme, Sosialisme, Fasisme, dan Demokrasi Ekonomi (Perekonomian Indonesia)